BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

SATGAS COVID TETAP SOLID

12 Oktober 2020 08:05:03  Administrator  241 Kali Dibaca  Berita Lokal

Karangsewu-----Pandemi Corona Virus Disease 2019 yang masih melanda seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia khususnya di Karangsewu Galur Kulon Progo menjadi perhatian khusus. Pasalnya dari Bulan Maret hingga saat ini Satgas Covid 19 Kalurahan Karangsewu Kapanewon Galur masih aktif menjalankan tugasnya, piket malam hari menjaga posko dan melakukan sambang Pelaku Perjalanan (PP) di rumahnya dalam rangka memantau pelaksanaan karantina mandiri.

Karangsewu memiliki kebijakan tersendiri dalam upaya penanganan pencegahan penularan Covid-19. Sebagaimana edaran dari Ketua Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kalurahan Karangsewu, Nomor 140/   tertanggal18 September 2020 perihal Protokol Kesehatan Bagi Pendatang dari Luar Wilayah Kabupaten Kulon Progo, Luar Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Luar Negeri. Yang isinya bahwa :

  1. Pendatang yang berasal dari luar wilayah Kabupaten Kulon Progo, DIY, dan luar negeri WAJIB melaporkan kedatangannya kepada perangkat pemerintah terdekat (RT/RW/Padukuhan/Kalurahan) dan Puskesmas di mana dia akan tinggal.
  2. Pendatang harus melakukan hal-hal sebagai berikut :
  3. Apabila pendatang dari luar wilayah DIY dan luar negeri :
  • Membawa Surat Keterangan Sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah asal atau pintu masuk negara dilengkapi bukti hasil pemeriksaan rapid test Covid-19 dengan hasil NON REAKTIF (berlaku 7 hari) atau hasil Swab test/RT-PCR NEGATIF (berlaku 14 hari) dan tetap wajib melakukan karantina mandiri;
  • Melakukan rapid test ulang ke-2 secara mandiri di fasilitas kesehatan terdekat dan/atau oleh pihak Puskesmas terdekat.
  • Jika hasil pemeriksaan rapid test Covid-19 ke-2 dengan hasil NON REAKTIF, maka masa karantina mandiri sudah berakhir.
  • Jika hasil pemeriksaan rapid test Covid-19 ke-2 dengan hasil REAKTIF, maka masa karantina diperpanjang 14 hari lagi dan/atau akan ada tindakan lanjut dari tim medis faskes terdekat.
  1. Pendatang dari luar wilayah DIY dan luar negeri yang tidak membawa Surat Keterangan Sehat dilengkapi bukti hasil pemeriksaan rapid test Covid-19 NON REAKTIF (berlaku 7 hari) dan/atau hasil Swab Test/RT-PCR NEGATIF(berlaku 14 hari), maka setelah sampai tujuan wajib melakukan Rapid test dan karantina mandiri selama14 hari. Jika tidak berkenan melakukan rapid test, maka dipersilakan untuk kembali ke daerah asalnya dan warga dapat memberikan sanksi sesuai kearifan lokal warga setempat.
  2. Setelah melakukan rapid test di daerah tujuan agar disampaikan kepada perangkat pemerintah terdekat (RT/RW/Padukuhan/Kalurahan) dan melanjutkan karantina mandiri serta melakukan rapid test ke-2 setelah 7 (tujuh) hari. Apabila hasil rapid test ke-2 hasilnya NON REAKTIF maka masa karantina telah usai, jika hasilnya REAKTIF  agar melanjutkan kembali karantina dan/atau akan ada tindakan lanjut dari tim medis faskes terdekat.
  3. Syarat rumah yang bisa digunakan untuk karantina mandiri adalah :
  4. Tersedia kamar khusus yang terpisah dari anggota keluarga lainnya;
  5. Ada kesediaan dari anggota rumah/tetangga/perangkat pemerintah untuk melakukan pengawasan pelaksanaan karantina/isolasi mandiri selama 14 hari;
  6. Tersedia alat komunikasi yang dapat terhubung dengan gugus tugas kalurahan/ketua RT/Ketua RW dan Puskesmas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:218
    Kemarin:455
    Total Pengunjung:43.617
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.252.196
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 47.249 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 47.238 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 47.238 Kali
Sejarah Desa
05 Maret 2019 | 47.229 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 47.225 Kali
Data Desa
22 Januari 2019 | 47.205 Kali
Visi Misi
08 Juli 2019 | 47.191 Kali
Dasar Hukum

Statistik SID