BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

SENSUS PENDUDUK 2020

27 Februari 2020 11:25:05  Kepala Desa TTD  1.489 Kali Dibaca  Berita Lokal

Badan Pusat Statistik (BPS) Kulon Progo bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo mengadakan press release tentang Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang merupakan sensus penduduk yang ke-7 dengan Dasar Hukum UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, PP No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik. Acara tersebut berlangsung di Dapur Semar, Wates, Kulon Progo, Selasa (11/2/2020).

Pelaksanaan Tahap 1 Sensus  Pencacahan Lengkap, Sensus Penduduk Online mulai tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara mulai tanggal 1 Juli - 31 Juli 2020 sedangkan Tahap Pencacahan Sampel di tahun 2021. Penduduk dapat melakukan sensus secara mandiri melalui situs sensus.bps.go.id. dengan basis utama sensus adalah Nomor Indonesia KTP, dan Kartu Keluarga.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPS Kulon Progo beserta jajarannya, Dinas Kominfo Kulon Progo, Humas Kominfo Kulon Progo dan Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK). Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M mengatakan bahwa sensus penduduk 2020 ini perlunya bantuan media untuk membantu menyebarkan informasi kepada masyarakat.

“Bantuan rekan-rekan media sangat penting untuk menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 ini.” tutur Rudiyatno

Berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya, SP2020 ini menggunakan metode kombinasi yang menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus, yang kemudian dilengkapi dengan sampel survei.

Lebih lanjut, Kepala BPS Kulon Progo, Sugeng Utomo, S.H mengatakan perihal SP2020 menjadi sensus penduduk pertama Indonesia yang memanfaatkan data registrasi penduduk dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil Kemendagri)

“Upaya ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan.” tegas Sugeng.

Harapannya dengan adanya SP2020 ini untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. MC Kulon Progo/Tcw/Srd/Dpp

SUMBER : https://kominfo.kulonprogokab.go.id/web/view_berita/1135/Sensus-Penduduk-2020-BPS-Gunakan-Metode-Kombinasi

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:171
    Kemarin:176
    Total Pengunjung:183.476
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.198.45.0
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID