You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Karangsewu

Kec. Galur, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

SENSUS PENDUDUK 2020


Badan Pusat Statistik (BPS) Kulon Progo bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo mengadakan press release tentang Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang merupakan sensus penduduk yang ke-7 dengan Dasar Hukum UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, PP No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik. Acara tersebut berlangsung di Dapur Semar, Wates, Kulon Progo, Selasa (11/2/2020).

Pelaksanaan Tahap 1 Sensus  Pencacahan Lengkap, Sensus Penduduk Online mulai tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara mulai tanggal 1 Juli - 31 Juli 2020 sedangkan Tahap Pencacahan Sampel di tahun 2021. Penduduk dapat melakukan sensus secara mandiri melalui situs sensus.bps.go.id. dengan basis utama sensus adalah Nomor Indonesia KTP, dan Kartu Keluarga.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPS Kulon Progo beserta jajarannya, Dinas Kominfo Kulon Progo, Humas Kominfo Kulon Progo dan Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK). Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M mengatakan bahwa sensus penduduk 2020 ini perlunya bantuan media untuk membantu menyebarkan informasi kepada masyarakat.

“Bantuan rekan-rekan media sangat penting untuk menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 ini.” tutur Rudiyatno

Berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya, SP2020 ini menggunakan metode kombinasi yang menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus, yang kemudian dilengkapi dengan sampel survei.

Lebih lanjut, Kepala BPS Kulon Progo, Sugeng Utomo, S.H mengatakan perihal SP2020 menjadi sensus penduduk pertama Indonesia yang memanfaatkan data registrasi penduduk dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil Kemendagri)

“Upaya ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan.” tegas Sugeng.

Harapannya dengan adanya SP2020 ini untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. MC Kulon Progo/Tcw/Srd/Dpp

SUMBER : https://kominfo.kulonprogokab.go.id/web/view_berita/1135/Sensus-Penduduk-2020-BPS-Gunakan-Metode-Kombinasi

Bagikan artikel ini: