BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

POSBINDU APARATUR PEMERINTAHAN KALURAHAN KARANGSEWU

24 Juni 2022 10:47:34  Admin Kalurahan  773 Kali Dibaca  Berita Lokal

Karangsewu---Jumat pagi (24/6) telah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan tentang penyakit tidak menular (PTM) bagi aparatur Pemerintahan Kalurahan Karangsewu yang diikuti oleh kurang lebih 40 orang, terdiri dari Lurah, Pamong Kalurahan, Staf, anggota BPKal, dan jajaran karyawan BUMDesa. Agenda ini turut didampingi oleh petugas medis dari Puskesmas Galur I sebagai mitra. Kegiatan skrining kesehatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut rapat koordinasi mengenai pemeriksaaan PTM sejak dini bagi aparatur pemerintahan kalurahan, dengan harapan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes melitus, serangan jantung, stroke, kanker darah dapat dicegah dan diatasi sejak dini. Posbindu ini akan dilaksanakan rutin setiap Jumat di akhir bulan.

Pemeriksaan PTM ini meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, dan gula darah sewaktu. Setiap individu yang telah diukur akan diberikan kartu kendali kesehatan atau sejenis KMS, yang dapat dipantau sebagai rekam medik sederhana dan makanan kecil sebagai makanan tambahan. Kegiatan ini sangat diminati terlihat dari antusias para peserta yang rela mengantri mengecek kesehatan masing-masing.

Salah satu Dukuh mengatakan bahwa kegiatan ini penting mengingat pamong rata-rata sudah usia sepuh. Bahkan salah satu unsur pamong juga berpendapat bahwa,"Kesibukan aktivitas kantor kalurahan sekarang yang banyak tugas dan pekerjaan berimbas pada kesehatan fisik masing-masing pamong, sehingga dengan adanya skrining ini dapat membantu mengecek kondisi masing-masing apabila tidak sempat check up ke dokter".

Hasil dari kegiatan ini ditemukan beberapa pamong memiliki riwayat penyakit keluarga Diabetes melitus dan Hipertensi, telah rutin melakukan pengobatan. Beberapa pamong yang masih batas aman diberikan nasiahat untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:43
    Kemarin:377
    Total Pengunjung:190.916
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.103.10
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID