BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

Kulon Progo Serahkan Pengawasan Dana Desa ke Inspektorat

20 November 2019 13:46:08  Kepala Desa TTD  909 Kali Dibaca  Berita Lokal

KARANGSEWU-KULONPROGO.DESA.ID : Penggunaan dana desa menjadi sorotan lantaran distribusi dana yang memunculkan informasi desa fiktif. Bupati Kulon Progo, Sutedjo, meminta inspektorat lebih jeli mengawasi penggunaan dana desa agar tidak ada penyelewengan.
 
"Inspektorat memang kita tugasi mengawasi dana desa supaya penggunaannya sesuai ketentuan. Memang salah satu tugasnya memeriksa pengeluaran dana desa. Bagaimana menggunakan dana desa sebaik baiknya," kata Sutedjo saat dikonfirmasi, Rabu, 20 November 2019.
 
Sutedjo menyatakan tak akan membuat tim pengawas khusus untuk pendistribusian dan penggunaan dana desa. Sutedjo menegaskan inspektorat menjadi kepanjangan pemerintah dalam mengawasi kinerja pemerintahan.

"Inspektorat tugas melekat, melaksanakan tugas mereka melakukan pengawasan kepada OPD dan pemerintah desa," jelas Sutedjo.
 
Medcom.id sempat berbincang dengan ketua RT di salah satu desa yang pernah diperiksa kejaksaan perihal penggunaan dana desa. Pemeriksaan berlangsung pada awal November ini. Namun yang bersangkutan menolak disebutkan identitasnya.
 
Ketua RT tersebut menduga ada sejumlah kejanggalan dalam penggunaan dana desa. Namun ia belum berani menyebut apakah dana itu dikorupsi atau tidak. Ia sempat menyebut sejumlah proyek yang dianggap janggal dalam menjelaskan tranparansi dana kepada warga desanya.
 
Akan tetapi, banyak perangkat desa, dari RT maupun kepala dusun (dukuh) yang diperiksa kejaksaan. "Diperiksanya dua kali. Kalau jawabannya beda, bisa diperiksa berulang kali," kata RT tersebut. (dedi/kpmd)

sumber : https://www.medcom.id/nasional/daerah/MkMVp7RK-kulon-progo-serahkan-pengawasan-dana-desa-ke-inspektorat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:145
    Kemarin:225
    Total Pengunjung:177.877
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.236.134.129
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID