BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

Posyandu Nusa Indah Padukuhan VIII Mabeyan, di kunjungi oleh Pamong Kalurahan (Kamituwa) dan Babinsa

13 Februari 2020 13:45:32  Kepala Desa TTD  908 Kali Dibaca  Berita Lokal

Karangsewu-Kulonprogo.desa.id Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Posyandu dikembangkan atas prakarsa Presiden Soeharto pada tahun 1984, Posyandu dulu pernah menjadi kebanggaan rakyat. Setiap bulannya, rakyat berbondong-bondong mendatangi Posyandu yang dikelola berbasiskan komunitas. Tenaga sukarelawan kesehatan di Posyandu—yang telah mendapatkan pelatihan dari dinas kesehatan setempat—memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, Posyandu juga memberi vaksinasi dan makanan suplemen kepada bayi dan balita. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus malagizi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita.

 Di posyandu, kader yang merupakan salah satu petugas kesehatan terlatih akan memberikan pelayanan untuk balita seperti penimbangan berat badan, pengukuran panjang badan, pengukuran lingkar kepala dan SDIDTK (pemeriksaan secara dini tumbuh kembang) balita guna melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemantauan dari usia dini akan membantu sang balita mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan secara optimal dan baik sehingga kelak mereka akan menjadi anak yang seperti didambakan. Tidak lupa juga bahwa pemantauan dengan membawa balita ke posyandu harus dilakukan secara berkelanjutan tanpa putus sesuai dengan "golden age" balita anda yaitu sampai berumur 5 tahun sehingga walaupun balita anda sudah mendapatkan vaksin secara lengkap sampai umur 9 bulan, pertumbuhan dan perkembangannya tetap harus diperiksakan sampai seterusnya.

Seperti yang dilakukan Posyandu Nusa Indah yang beralamatkan di Padukuhan VIII Mabeyan melaksanakan kegiatan rutin tiap bulannya. Dari Kalurahan yaitu Bapak Damar Wasito,A.Md (KAmituwa) dan Bapak Agus A (Babinsa Kalurahan Karangsewu) melaksanakan kunjungan dan koordinasi ke Posyandu Nusa Indah.

Ayo, periksakan balita anda ke posyandu secara rutin sejak usia balita dini.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7
    Kemarin:176
    Total Pengunjung:183.312
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.26.35.111
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID