BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

Sejumput Plastik jadi Cantik

09 April 2019 10:33:52  Administrator  253 Kali Dibaca  Berita Desa

Sampah plastik merupakan salah satu limbah rumah tangga yang setiap hari dihasilkan, tidak heran jika sampah plastik merajalela dimana-mana sehingga menyebabkan penumpukan yang luar biasa. Sampah plastik dapat diminimalisir jumlahnya dengan cara pegurangan penggunaan plastik dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari maupun mendaur ulang kembali sampah plastik tersebut. Mendaur ulang sampah plastik, sebuah kegiatan yang digagas oleh ibu-ibu anggota TP PKK Desa Karangsewu. Hal ini dikarenakan kekhawatiran akan adanya boom sampah plastik di sekeliling mereka, sehingga muncullah ide mengadakan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga, dengan spesifikasi sampah plastik.

Kegiatan pengelolaan sampah ini dilaksanakan pada Minggu (16/9/2018) dengan megambil lokasi di Balai Desa Karangsewu. Peserta terdiri dari anggota TP PKK Desa Karangsewu, ibu – ibu rumah tangga, dan kader kesehatan Desa Karangsewu. Narasumber didatangkan langsung dari Gamping, Sleman Yogyakarta bernama Ibu Suparti,S.Pd. yang merupakan pemerhati lingkungan sekaligus guru seni kerajinan di salah satu SMP Swasta di daerah Sleman.

Bahan material yang digunakan dalam pelatihan adalah plastik kresek, sedotan, dan bungkus plastik kemasan makanan/minuman instant. Plastik kresek diolah menjadi bunga hiasan yang cocok sebagai penghias ruang. Sedotan plastik, baik itu sedotan air mineral maupun sedota besar diolah dironce menjadi taplak meja dan bunga hiasan. Sedangkan plastik kemasan makanan/minuman instant diolah menjadi tas.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan dibebankan pada APBDesa Karangsewu Tahun 2018 dengan pelaksana kegiatan dari Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan bekerja sama dengan TP PKK Desa. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi kegiatan positif yang dapat membangun semangat kaum wanita dalam mengelola sampah sehingga dapat bernilai ekonomi guna peningkatan pendapatan keluarga,”ujar Ibu Tutik Fitri, selaku Ketua TP PKK Desa Karangsewu.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:153
    Kemarin:205
    Total Pengunjung:57.602
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.137.63
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID