BERSATU BERSAMA WARGA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN DESA KARANGSEWU Pemerintah Kalurahan Karangsewu "Ngesti Suci Makaring Praja"

Artikel

Jamu Cegah Corona Dibagikan Gratis di Kulon Progo

23 Maret 2020 08:10:04  Kepala Desa TTD  915 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kulon Progo - Semakin meluasnya penyebaran virus Corona menjadikan sejumlah pihak terpanggil untuk turut andil dalam melakukan pencegahan penyebaran. Ada yang melakukan penyemprotan disinfektan dan ada juga yang membagikan empon-empon secara gratis.

Hasil bumi berupa empon-empon seperti jahe, temulawak diyakini bisa menangkal penyebaran virus Corona yang sedang mewabah. Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membagikannya kepada warga.

Dalam waktu singkat, ramuan empon-empon yang sudah berujud jamu maupun telur rebus yang dibagikan di Stasiun Wates dan Terminal Wates langsung habis diminta masyarakat. Warga senang bisa menerima paket empon-empon tersebut karena baru pertama kali mendapatkannya.

"Semoga empon-empon ini bermanfaat dalam mencegah Corona. Rasa jamunya juga seger," ujar ika Purwandari, warga setempat, di Terminal Wates pada Minggu 22 Maret 2020.

Ketua Baguna DIY, Novida Kartika Hadi mengatakan, ada 300 paket empon-empon yang dibagikan gratis kepada masyarakat Kulon Progo. Secara total ada 2.000 empon-empon yang dibagikan diseluruh wilayah Yogyakarta. "Kami sekaligus juga melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang apa itu Corona," ujar Novida.
<iframe id="aswift_0" style="left: 0; position: absolute; top: 0; border: 0px; width: 650px; height: 163px;" name="aswift_0" width="650" height="163" frameborder="0" marginwidth="0" marginheight="0" scrolling="no" allowfullscreen="allowfullscreen" data-mce-fragment="1"></iframe>

Semoga empon-empon ini bermanfaat dalam mencegah Corona. Rasa jamunya juga seger.

Adapun selain pembagian empon-empon, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Wates, Terminal Wates dan Pasar Hewan Kulon Progo.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kulon Progo Sudarto mengatakan, dengan kondisi sekarang ini, sudah menjadi kewajiban sosial bagi berbagai pihak terkait. Antisipasi tidak hanya peran pemerintah semata namun juga perlu partisipasi masyarakat. "Syukur-syukur pihak swasta ikut tergerak sehingga ada percepatan penanganan di Kabupaten Kulon Progo," kata Sudarto.

Sementara itu, Kepala Stasiun Wates, Aris Sukendar, mengatakan, pihaknya juga telah berupaya melakukannantisipasi penyebaran Covid-19. Carannya dengan menyediakan hand sanitazier dan tisu. Tidak hanya itu, fasilitas umum seperti musala dan kamar mandi juga rutin dibersihkan.

"Kami juga menyediakan thermal gun. Apabila ada suhu tubuh penumpang mencapai 38 derajat celcius, maka harus mendapat rekomendasi dulu dari unit kesehatan setempat jika akan menggunakan fasilitas transportasi kereta," ujarnya.

sumber : https://www.tagar.id/jamu-cegah-corona-dibagikan-gratis-di-kulon-progo

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kempleng XIV, Karangsewu, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : Karangsewu
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemdeskarangsewu.kulonprogokab@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:23
    Kemarin:176
    Total Pengunjung:183.328
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.227.36
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID